D-Keenan

Okrie Okrie Author
Title: Cara Partisi SD Card Menggunakan MiniTool
Author: Okrie
Rating 5 of 5 Des:
Cara Partisi SD Card menggunakan MiniTool - Biasanya, kebanyakan ponsel pintar dengan harga murah memiliki memori internal yang kecil. Hal...
Cara Partisi SD Card menggunakan MiniTool - Biasanya, kebanyakan ponsel pintar dengan harga murah memiliki memori internal yang kecil. Hal tersebut membuat pengguna akan sulit memilah aplikasi mana yang akan diinstall dan juga mengorbankan aplikasi lainnya untuk dihapus. Selain itu, memori internal yang penuh juga mempengaruhi kinerja dari ponsel atau tablet itu sendiri. Oleh sebab itu, sebagian orang membuat solusi untuk menjadikan kartu SD sebagai penambah partisi. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Partisi SD Card menggunakan MiniTool

Untuk memulai melakukan partisi SD sard, Anda perlu melakukan root terlebih dahulu pada perangkat ponsel atau tablet yang akan dieksekusi. Selanjutnya Anda akan melalui tahap menggunakan aplikasi MiniTool yang bernama “Partition Wizard MiniTool”. Aplikasi ini yang nantinya akan membuat partisi pada SD card Anda.



  1. Root perangkat Anda.
  2. Unduh dan install aplikasi bernama “Partition Wizard MiniTool” pada PC Anda Klik Disini untuk Mengunduh. 
  3. Siapkan card reader, lalu masukan SD card Anda ke slot yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan menghubungkan card reader ke PC.
  4. Setelah SD card sudah terhubung ke komputer Anda, lanjutkan dengan melakukan backup file-file yang ada pada SD card. Ini nantinya berfungsi untuk menyelamatkan file Anda ketika proses format.
  5. Buka aplikasi “Partition Wizard MiniTool” yang sebelumnya telah Anda unduh. Nantinya software tersebut akan secara otomatis mendeteksi perangkat-perangkat yang ada pada komputer Anda, termasuk SD card.
  6. Klik kanan pada SD card, lalu pilih -create a Primary “Fat 32”-. Disini Anda akan diajak untuk membuat partisi baru, seperti ext2, ext3 dan seterusnya. Setiap partisi dapat disesuaikan. Misalnya Anda memiliki SD card sebesar 32 GB, lalu Anda ingin membuat partisi baru, Anda bisa memilih pada kolom “Size And Location” sebesar yang diinginkan, misalnya 1.21 GB atau 1 GB.
  7. Lanjutkan dengan mengisi semua form yang diminta.
  8. Partition label: nama partisi, misalnya “Ext SD CARD”.
  9. Create As: isi “Primary” untuk semua partisi yang akan dibuat.
  10. File System: isi dengan nomer partisi, misalnya ext2, ext3, ext4 (jika ingin membuat partisi lebih dari satu.
  11. Drive Letter dan Cluster Size biarkan secara default.
  12. Jika sudah, klik “OK”. Selanjutnya Anda bisa mengulang langkah 6 dan 7 untuk membuat partisi lainnya. Namun ingat sekali lagi, buat semuanya dalam mode Primary.
  13. Setelah semuanya dirasa cukup, Anda bisa menekan tombol “Apply changes”, setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai.
Dengan cara di atas, partisi yang Anda buat pada SD card akan membuat memori internal pada perangkat ponsel atau tablet Anda bertambah. Selanjutnya Anda dapat menggunakan Link2SD untuk memindahkan aplikasi dan game dari memori ROM ke SD card.

Advertisement

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

Ada pertanyaan, Silakan tuliskan komentar Anda tentang Artikel ini ?

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
 
Top